Tanda-tanda Burung Kenari Sakit

Setiap makhluk hidup, khususnya hewan pasti pernah mengalami sakit. Entah karena bakteri, virus, jamur atau karena sebab lain. Begitu pula dengan burung kenari. Biasanya burung kenari sakit akan menunjukkan tanda-tanda tertentu, misalnya burung kenari yang dahulu rajin berbunyi mendadak jadi macet bunyi atau burung kenari terlihat kurang nafsu makan serta tidak lincah.

Tanda-tanda tersebut sebisanya harus sobat pahami, agar burung kenari sakit dapat segera tertangani dengan cepat. Nah, bagi sobat yang masih pemula di dunia burung ini, ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mengetahui apakah kondisi burung kenari sobat baik atau tidak. Mau tau lebih lanjut? Silahkan pelajari tanda-tanda burung kenari sakit berikut ini:

1. Melalui Feses Burung Kenari 

Feses/kotoran burung sangat dapat diandalkan untuk mengetahui kondisi burung kenari. Jika fesesnya kering itu pertanda burung kenari sehat, tapi jika fesesnya cair dan berwarna putih, apalagi jika terlihat ada darahnya berarti burung kenari ada masalah.

2. Perilaku Burung Kenari

Selain dilihat dari kotoran, kondisi burung kenari juga bisa dikenali dari tingkah lakunya. Burung kenari mempunyai badan yang kecil dengan warna bulu yang menarik, selain itu dia juga mempunyai sifat yang menggemaskan yaitu kelincahannya. Nah, jika dalam pengamatan burung kenari terlihat kurang lincah, apalagi jika sobat melihat bulunya berdiri/merinding maka berhati-hatilah, karena sudah tentu burung kenari sobat sedang ada masalah pada kesehatannya.

Selain dua cara tersebut, masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi burung kenari sobat. Apabila sobat terbiasa memegang burung kenari milik sobat, maka sobat akan lebih mudah mengenali kondisi burung kenari sobat. Saat sobat memegangnya, sobat dapat merasakan kondisi badan burung kenari, apakah terlalu gemuk atau semakin kurus. Sobat juga dapat merasakan suhu tubuh burung kenari saat memegangnya, jika badannya lebih hangat dan nafasnya lebih hangat dari biasanya itu bertanda burung kenari sobat memerlukan perawatan kesehatan.

Gambar Burung Kenari Lainnya ...


Related Posts: