Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Burung cendet salto telah menjadi sebuah hal yang biasa dialami oleh para kicaumania. Ini merupakan sebuah kondisi yang berarti bahwa cendet tersebut sedang mengalami masalah, bisa karena cendet over birahi, stress atau sudah menjadi kebiasaannya sejak dulu. Namun apapun penyebabnya, yang paling penting adalah bagaimana cara mengatasi burung cendet salto. Sebab, jika kondisi seperti ini terus berlanjut, maka dapat dipastikan burung tidak akan lagi mau berbunyi.

Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Nah, jika hal ini tengah terjadi pada burung cendet Anda, ada beberapa tips yang perlu Anda coba untuk mengatasi masalah cendet salto. Untuk lebih lanjut, silahkan simak ulasan berikut ini:
  1. Cari tahu bagaimana rawatan harian burung cendet. Jika burung cendet Anda terus salto, maka yang pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu tentang rawatan harian burung cendet yang Anda beli dari pedagang atau peternak burung. Biasanya masalah ini sangat dominan terjadi jika Anda salah melakukan perawatan harian burung cendet.
  2. Cendet salto karena stress. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi porsi extra fooding, atau hentikan sementara pakan EF hingga kondisi burung mulai menunjukkan penurunan aktifitas salto.
  3. Jika mengurangi pakan EF tidak berpengaruh, Anda bisa mencoba cara lain yakni dengan memandikan burung cendet dalam keramba. Caranya mirip saat Anda menjinakkan bakalan mudah hutan yang liar. Dari pengalaman beberapa kicaumaster, mandi keramba cukup efektif untuk mengatasi burung cendet salto karena stress/over birahi.
  4. Ganti sangkar burung dengan ukuran yang lebih luas. Sangkar yang kecil terkadang membuat cendet sulit untuk bergerak (terbang), jika hal ini terus terjadi sepanjang waktu, lambat-laun burung akan mengalami stress dan salto.
Demikian cara mengatasi burung cendet salto yang bisa kami bagikan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan diatas secara rutin setiap hari. Khusus untuk mandi keramba, burung cendet sebaiknya dimandikan 2x sehari pada pagi dan sore hari.

Related Posts: