Tips Agar Burung Pleci Cepat Buka Paruh

Setiap kicaumania pasti sudah tau bagaimana pleci begitu bisa diandalkan sebagai burung gacoan di berbagai lomba burung. Pleci memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jenis burung lainnya, burung yang memiliki postur tubuh kecil ini memang tidak perlu diragukan lagi kicauannya, meskipun kecil, burung pleci mampu menghasilkan suara-suara yang merdu dan nyaring. Pantas jika para kicaumania beranggapan jika pleci adalah burung yang wajib dipelihara, baik oleh pemula bahkan hingga master sekalipun.

Tips Agar Burung Pleci Cepat Buka Paruh

Namun tahukah Anda jika untuk mendapatkan pleci yang gacor ngeroll itu butuh waktu yang tidak sebentar? Belum lagi jika harus membeli pleci yang sudah berkarakter, pastinya harga burung pleci bisa menjadi sangat mahal dipasaran. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatuur, sebenarnya ada trik-trik khusus yang bisa Anda coba agar burung pleci cepat buka paruh. Ingin tahu caranya? Berikut, tips agar burung pleci cepat buka paruh dan ngeroll.
  1. Pilih bakalan atau ombyokan pleci jantan. Anda bisa membelinya di pasar burung atau datang langsung kepeternak. Lebih bagus lagi jika burung tersebut berasal dari trah jawara, karena akan lebih mudah untuk dilatih.
  2. Hentikan pemberian pakan voer dan buah. Sebagai gantinya Anda bisa memberikan ef berupa ulat kandang, dengan dosis 1/2 cepuk (tempat makan). Selain itu beri juga susu kental manis di siang harinya.
  3. Lakukan penjemuran pada tempat yang tak terlalu terkena sinar matahari langsung, seperti dibawah pepohonan, Jemur burung mulai dari jam 5 sampai jam 9 pagi. Dan selama penjemuran Anda bisa memaster burung pleci dengan suara-suara dari burung kicauan lainnya atau menggunakan mp3 suara burung (audio) selama kurang lebih 1 jam.
  4. Untuk malam hari nya, saat burung akan tidur, pastikan bahwa sangkar tidak dalam kondisi di krodong, dan gantung di tempat yang tinggi. Dan lakukan hal tersebut secara berulang setiap harinya.
  5. Jika burung pleci mulai buka paruh, lalu ubah menu makanannya dengan buah pisan, susu (siang hari) dan madu (malam hari), serta berikan ef berupa ulat kandang 1 sendok teh. 
Demikianlah tips agar burung pleci cepat buka paruh yang bisa kami sampaikan. Dengan perlakukan atau perawatan burung pleci yang rutin, niscaya dalam beberapa bulan saja, Anda akan melihat hasilnya, burung pleci Anda buka paruh dan berkicau ngeroll.

Related Posts: