Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Burung cendet secara alamiah memang memiliki sifat predator yang kuat. Seperti kebanyakan predator lain, sifat galak atau gahar itu kadang muncul pada burung cendet meski udah kita piara sejak kecil atau anakan atau bakalan.

Sering terjadi burung cendet suka nyerang dan mematuk tangan saat diberi pakan. Nyebelin kan? Dengan paruhnya yang lumayan tajam, tentu bisa bikin sakit tangan orang yang hendak ngasih makan, bahkan si empunya sendiri.  Burung cendet jadi super agresip. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan burung cendet jadi galak. Pertama, karena memang lagi lapar. Kedua, lagi stress. Dan ketiga, si burung cendet lagi OB (over birahi). Nah, untuk mengatasi kegalakan burung cendet ini tentu penanganannya berbeda, tergantung faktor penyebabnya.

Berikut Cara Mengatasi Burung Cendet Galak, dan penanganannya secara umum tanpa melihat faktor penyebab si burung cendet yang super agresif.

Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Pertama, Pemandian Yang Tepat

Lakukan pemandian pada burung cendet dengan tepat dan benar. Saat ingin mengambil wadah pakannya berikan dulu 1 ekor jangkrik biar si burung makan jangkrik dan tidak mematuk tangan Anda. Setelah wadah diambil kemudian burung dimandikan sampai basah kuyup. Karena umumnya, saat basah sudah pasti burung tidak akan mematuk tangan lagi, sehingga Anda dengan leluasa dan mudah bisa mengambalikan wadah pakan dan minum ke sangkar.

Kedua, Pasang Serutan Rafia

Burung yang mematuk atau nyucukan dapat dikendalikan dengan memberi mainan berupa tali rafia yang diserut dan digantung di sangkar. Ikatlah serutan rafia pada salah satu bagian sangkar agar si burung cendet yang suka nyucuk itu bermain dengan rafia tadi, biarkan sampai ludes, maka lama kelamaan burung tidak akan galak lagi.

Ketiga, Isolasi atau Jauhkan dari Burung Kecil

Sifat predator burung cendet muncul bila di dekatnya ada burung kecil. Bila setiap hari terbiasa dekat dengan burung kecil maka burung cendet juga bisa menjadi galak, sifat alamiahnya sebagai predator muncul. Untuk itu gantunglah burung cendet Anda sendirian atau diisolasi / diasingkan. Untuk pemasteran tetap dapat dilakukan dengan cara dikerodong atau dipisahkan dengan sekat.

Demikian tiga Cara Mengatasi Burung Cendet Galak. Mudah-mudahan setelah Anda coba dan merawat burung cendet dengan baik, sifat galak dan over agresif si burung cendet kesayangannya bisa diredam, sehingga si burung lebih fokus kembali pada suara, pandai berkicau dan burung cendet jadi gacor lagi.

Related Posts: